SLEMAN – Menumbuhkan kecintaan bangsa pada anak-anak dilakukan sedini mungkin dengan beragam cara dan kegiatan. Salah satunya, melalui lomba dan fashion show busana adat. Seperti pada kegiatan rutin TK Mutiara Persada Jogjakarta yang diadakan setiap tahunnya dalam rangka memperingati Hari Kartini.
Koordinator Kurikulum Mutiara Persada Octavianus Vendi Ferdian Yulianto mengatakan kegiatan ini sebagai upaya menumbuhkan rasa kecintaan pada bangsa. Sekaligus mengenalkan beragam budaya pada anak-anak. Kegiatan ini sudah rutin diadakan, namun tahun ini baru pertama kalinya digelar di luar sekolah pada Sabtu (26/4) lalu di atrium Plaza Ambarrukmo.
“Selain memperkenalkan beragam busana adat, melalui acara ini anak-anak juga diasah rasa percaya dirinya untuk tampil di depan publik,” ujarnya.
Dirinya mengatakan sekitar 400 siswa, baik playgroup, TK A dan TK B dari Mutiara Persada Soragan dan Cemorojajar sangat antusias mengikuti serangkaian acara. Masing-masing anak mengenakan berbagai busana adat dan tampil percaya diri berlenggak-lenggok seperti model. Secara bergantian anak-anak menampilan busana adat yang dikenakan.
“Selain dari busana yang dikenakan, penilaian juga dari segi penampilan, keluwesan dan bagaimana mereka tampil di depan publik,” ujar Vendi.
Dirinya menambahkan, selain secara fisik mengenalkan budaya melalui peragaan busana ada. Saat di sekolah anak-anak juga diberi pemahaman apa itu Hari Kartini, kenapa diperingati setiap tahun. Saat pelajaran misalnya, para guru menyisipkan pesan soal emansipasi.
Lanjutnya, selain Hari Kartini, hampir semua peringatan hari nasional dan hari besar keagaaman diperingati di TK Mutiara Persada. “Semua hari besar baik nasional dan agama kita peringati, sebagai cara mengajarkan keragaman agama dan menumbuhkan toleransi,” ujar Vendi. (dya/ila)