SLEMAN– Beragam produk khas Sleman ada di pameran potensi daerah dan gelar budaya yang diselenggarakan di Lapangan Denggung.
Semuanya produk lokal. Pemkab Sleman sengaja menggelar even tahunan itu guna mewadahi geliat pelaku usaha kecil mikro (UKM), khususnya membantu pemasaran produk.
Suasana makin meriah bak pasar malam dengan keberadaan aneka hiburan keluarga. Acara digelar hingga acara ditutup besok malam (4/5).
Pengunjung bisa langsung bertransaksi dengan produsen produk, atau sebatas melihat-lihat hasil kreativitas warga Sleman. Di antaranya, produk kerajinan, makanan olahan, furniture, dan aneka camilan.
Salah satu yang paling sering dikunjungi tamu adalah stan keripik belut dari Somokaton, Margodadi, Seyegan. Meski memakai brand keripik belut, stan milik Suwarmi juga menyuguhkan keripik lele, wader, dan abon lele. “Harganya pasti terjangkau,” ujar Suwarmi promosi.
Untuk keripik belut, per kilogram dijual Rp 80 ribu, wader Rp 90 ribu, dan abon lele Rp 150 ribu. Meski bahan mentahnya haus didatangkan dari Jawa Timur, Suwarmi mengaku siap melayani pesanan pelanggan dalam partai besar maupun kecil.
Untuk produk kerajinan, selain patung monyet dari sabut kelapa, ornamen etnik kulit telur cukup menyita perhatian pengunjung pameran. Hanya bermodal dasar berupa cangkang telur ayam, kertas karton, dan kayu lapis, ditangan Heri Sutrisno, bahan-bahan itu disulap menjadi hasta karya eksentrik.
Pengunjung juga bisa pesan barang. Atau berkunjung ke workshop kerajinan kulit telur di Sodanten, Ambarketawang, Gamping.
Untuk lebih menarik minat calon pengunjung, panitia pameran menggelar pertunjukkan seni budaya. Bahkan, salah satu sponsor menyediakan doorprize berupa satu unit sepeda motor, yang akan diundi di panggung utama pada malam penutupan pameran. Kupon doorprize bisa diperoleh di stan pemerintah daerah di depan pintu masuk pameran.
Selain menjadi tempat wisata keluarga, even yang digelar dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Sleman itu cukup mengundang minat pelajar. Apalagi, panitia juga memberi ruang bagi sekolah-sekolah se-Sleman untuk memamerkan aneka produk dan kreasi masing-masing.(yog/din)