MAGELANG – Peringatan Hari Buruh Sedunia (Mayday) tidak mesti dilakukan dengan demo. Seperti dilakukan Manajemen Carrefour Magelang.
Perusahaan ritel nasional milik Chairul Tanjung (CT) ini memberikan beasiswa pada anak karyawan yang berprestasi sesuai kriteria yang ditetapkan manajemen.
Store Manager Carrefour Magelang Zamzam Nurzaman mengatakan, pemberian beasiswa dilakukan serentak secara nasional. Total sebanyak 145 orang menerima beasiswa, terdiri dari 107 siswa SD, 21 siswa SMP, 12 siswa SMA, dan 5 mahasiswa perguruan tinggi (PT).
“Dari Magelang kebagian dua siswa, yakni Nadia Rahmawati dan Vikhi Maulana. Nadia merupakan siswi kelas 5 SD putra dari Edi Joko Raharjo, kepala keamanan. Sementara Vikhi kelas 3 SMP, putra dari Budi Darma sebagai tim leader security,” jelas Zamzam, kemarin (1/5).
Program beasiswa sudah empat tahun dilakukan. Tapi, baru pertama kali dilakukan di Magelang dengan sasaran anak sekolah yang berprestasi. Prestasi terutama di bidang akademik, yakni masuk rangking lima besar.
“Setiap anak mendapat Rp 1,8 juta untuk satu tahun. Nilainya tidak seberapa, tetapi bentuk perhatian perusahaan pada karyawan. Sekaligus mendukung peningkatan prestasi anak-anak,” paparnya.
Dijelaskan, sesuai tema peringatan Hari Buruh 2014 yakni Mayday with Love, ini diperingati dengan cinta dan kasih. terutama pada para pekerja/karyawan. Mayday merupakan harmoni dan kasih sayang yang bisa membuat sinergi satu sama lain.
“Sinergi bisa dengan sesama karyawan/buruh atau dengan perusahaan. Ini penting, demi terciptanya hubungan yang harmonis,” tegasnya.
Selain beasiswa, manajemen juga menggelar sejumlah kegiatan. Di antaranya, bagi-bagi nasi goreng dengan telur berbentuk hati di atasnya. Sebanyak 200 piring nasi goreng dibagikan pada karyawan, sales promotion girl (SPG), suplier, kuli bongkar, petugas delivery, dan lainnya.
“Kami juga undang perwakilan tiga orang tua dari 15 karyawan yang termasuk change agent. Kami adakan aksi donor darah bagi seluruh karyawan dan pengunjung dengan harapan meraih 50-an kantong darah. Termasuk digelar kuis cerdas cermat bagi karyawan,” katanya.
Edi Joko Raharjo, orang tua Nadia mengaku gembira anaknya menerima beasiswa ini. Pemberian bantuan beasiswa itu sebagai wujud perhatian perusahaan pada karyawan dan keluarganya.
“Saya pribadi berterima kasih pada perusahaan. Beasiswa bisa untuk tambahan biaya sekolah, les privat, dan kebutuhan pendidikan lainnya. Ini semakin memacu semangat saya bekerja,” kata pria bapak yang bergabung dengan Carrefour sejak 1998.(dem/hes)