Bagi penikmat daging kambing, tidak ada salahnya mampir ke Lesehan Gule Sawah, Wates, Kulon Progo ini. Warung yang terletak pinggir Jalan Tentara Pelajar (Teteg Kulon) ini menyajikan aneka olahan daging kambing, seperti sate, tongseng. Satu lagi adalah lelung (gulai balung atau tulang) yang banyak dicari.
Seperti namanya, warung yang sudah berdiri hampir 10 tahun ini terletak di tepi sawah. Dengan pemandangan asri serba hijau serta kereta yang melintas di sisi yang lain, menambah nikmat saat menyantap si daging kambing. Letaknya yang di pinggir jalan juga mudah ditemui dan tidak berjarak jauh dari Kota Wates.
“Di sini serba kambing, yang paling favorit memang lelung,”ujar Pemilik Lesehan Gule Sawah Sugiyati, Selasa (15/4).
Daging kambing muda pilihan diolah menjadi menu istimewa dengan cita rasa yang khas. Dibakar dengan bumbu khusus, penggemar sate kambing pasti bisa merasakan cita rasa yang beda. Serta tidak meninggalkan bau prengus yang umumnya masih dikeluhkan penikmat sate kambing.
Nikmatnya daging kambing juga bisa disantap lewat menu tongseng dan lelung. Menurut Sugiyati, lelung menjadi menu favorit di warung ini. Daging-daging yang menempel dari bagian tulang iga, punggung dan ekor memenuhi satu piring porsi lelung. Dagingnya yang empuk, menjadi daya tarik lelung di warung ini.
“Masaknya masih pakai kayu, karena memang empuknya beda kalau pakai kompor gas,”ujarnya.
Setelah dibumbui dengan rempah-rempah, balung atau tulang berdaging dimasak hingga empuk kurang lebih 1 jam. Kemudian disajikan dengan 1 porsinya berisi 5 potong tulang yang pas untuk membuat perut kenyang. “Sehari-hari setidaknya kami mengolah minimal dua ekor kambing untuk semua menu,”ujarnya.
Warung ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 20.00. Untuk mendapatkan nikmatnya daging kambing ini, harga yang ditawarkan cukup terjangkau dengan harga rata-rata Rp 15.000 per porsi.(dya/din)