JOGJA-Liga Amatir baru, Liga Nusantara akan segera bergulir. Asprov PSSI DIJ, sudah siap untuk menyelenggarakan Liga Nusantara regional DIJ yang rencananya mulai bergulir pada Mei mendatang.
Anggota Komite Eksekutif (Komeks) Asprov PSSI DIJ Dwi Irianto mengatakan Liga Nusantara Regional DIJ bakal diikuti lima klub yakni Sleman United (SU), Persig Gunungkidul, Protaba Bantul, Gelora Handayani dan Perskikup Kulonprogo. Diharapkan kelima tim ini sudah melakukan pendaftaran pada rapat pleno Asprov DIJ pertengahan April mendatang.
“April nanti Asprov akan menggelar rapat pleno untuk menunjuk pengurus. Saya berharap momen ini juga bisa digunakan calon klub peserta Liga Nusantara melakukan pendaftaran,” tutur pria yang juga menjabat sebagai CEO PSIM Jogja ini.
Menurut Mbah Putih (MP)-sapaan akrab Dwi- peserta regional DIJ memang terlalu sedikit. Pasalnya, PSS menetapkan standar setiap tim harus bermain sebanyak 15 pertandingan dalam rentang lima bulan pada babak regional. Kata MP idealnyasemua regional termasuk DIJ seharusnya memiliki Sembilan peserta,
Tapi, hal tersebut bukan tidak bisa disiasati. Menurutnya, Liga Nusantaa regional DIJ bisa saja digelar dalam format tiga putaran. Putaran pertama dan kedua dihelat dengan sisteme home and away. Sedangkan putaran ketiga diselenggarakan di stadion netral.
“Bisa saja nanti kami gelar dengan tiga atau bahkan empat putaran. Yang penting kami bisa mencapai standar jumlah pertandingan atau paling tidak mendekati. Nanti semuanya pasti akan dibahas,” sergahnya. (nes/din)