SLEMAN-Demi menumbuhkan semangat cinta lingkungan di dalam benak siswanya, MAN Tempel mengadakan kegiatan menanam 17 pohon di lingkungan sekolah di Pringapus, Mororejo, Tempel Sabtu (15/3).
Acara ini merupakan bagian dari perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-17 MAN Tempel. Menurut salah satu guru MAN Tempel, Mardi Santosa, dengan adanya acara ini diharapkan timbul tanggung jawab para siswa untuk ikut menjaga lingkungan. Sekaligus menumbuhkan sikap cinta lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. “Makanya kami beri tema Cinta Tanaman untuk
Selamatkan Lingkungan,” terangnya.
Jumlah pohon yang ditanam sebanyak 17, seuai dengan umur MAN Tempel. Selain menananam pohon, rangkaian acara juga diadakan lomba daur ulang sampah. Ini juga bagian dari cinta lingkungan.
Kepala MAN Tempel Drs Moch Arifin MA mengungkapkan, semua kegiatan ini sebagai usaha untuk menanamkan wawasan Adiwiyata. Adiwiyata secara harfiah adalah Adi berarti baik, rapi atau bersih. Sedangkan
Wiyata berarti mencari ilmu. Jika diistilahkan Adiwiyata memiliki makna mewujudkan lingkungan belajar yang bersih dan nyaman.
“Intinya agar lingkungan belajar nyaman wawasan Adiwiyata harus ditanamkan,” tegasnya.
Acara pendukung lainnya adalah jalan sehat yang diikuti sekitar 55o peserta yang terdiri dari siswa, guru dan staf sekolah. Selain itu juga digelar pemilihan gendhug dan thole.
Arifin berharap di usianya yang ke-17 ini, para siswa semakin meningkatkan prestasinya. Bukan hanya di bidang akademik
tapi juga nonakademik.
Camat Tempel Wildan Solichin mengapresiasi kegiatan yang dilakukan MAN Tempel ini, dan berharap kegiatan serupa bisa diikuti sekolah lain. Semoga kegiatan ini bisa menginspirasi yang lainnya,” harapnya. (nes/din)