Perempuan dinamis dengan seabrek kegiatan membutuhkan busana nyaman dan menunjang aktivitas yang dilakukan. Melihat kebutuhan tersebut, salah satu perancang muda Jogja, Reizha Rahmitha Somala mengeksplorasi ide untuk menghadirkan koleksi busana fungsional.
Rancangan yang diberi judul Sweet Macaroons ini terinspirasi dari perempuan dengan ragam aktivitas keseharian dan kebutuhannya terhadap busana penunjang yang nyaman dikenakan. “Konsepnya semi formal, sehingga bisa dikenakan untuk bekerja maupun aktivitas lainnya,” ujar desainer yang biasa disapa Mitha kepada Radar Jogja belum lama ini.
Rancangan two pieces ini menampilkan atasan berbentuk semi blazer dengan bentuk A-line. Menggunakan bahan linen, membuatnya tampak ringan dengan minim detail. Hanya menonjolkan permainan pada bagian kerah dan kancing.
Sedangkan bawahannya merupakan celana panjang dari bahan batik kontemporer dengan dominasi motif bunga. Celana ini didesain menggunakan karet untuk bagian pinggang, sehingga lentur dan dapat menyesuaikan besarnya pinggang si pemakai.
“Karena memakai karet dan potongan A-line pada atasan sangat memungkinkan dikenakan untuk perempuan hamil. Juga mereka yang sedang menyusui karena memiliki bukaan di bagian dada namun tetap tertutup,” papar desainer lulusan Papmi DIJ ini.
Dengan beragam fungsinya, rancangan fungsional ini dapat dikenakan dalam berbagai fase kehidupan seorang perempuan. Menggambarkan perempuan dinamis, warna-warna yang diangkat merupakan warna cerah namun tidak mencolok. Agar lebih terlihat elegan, Mitha juga memasukkan warna aplikasi emas, seperti list pada bagian ujung lengan dan kerah.
Mitha mengatakan rancangan two pieces ini dapat dipadupadankan dengan jenis busana lainnya. Tidak hanya sebagai busana muslim, tetapi bisa juga digunakan sebagai busana konvensional.
“Busana two pieces ini memungkinkan untuk dipadukan dengan busana lainnya. Sehingga tidak hanya bisa dikenakan untuk ke kantor tapi juga hang out sepulang kerja,” ujar Mitha. (dya/ila)