Berita terkait

3 Comments

  1. 1

    indonesianpositive

    selamat siang radarjogja.
    saya ingin mengkonfirmasi sejak kapan DIY menjadi DIJ ?
    Penggunaan katanyanya tolong di perhatikan, yang saya tau adalah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bukan Daerah istimewa Jogjakarta (DIJ)
    tolong konfirmasi ke email saya jika memang benar penulisan DIY sekarang berubah menjadi DIJ.
    tolong di sertakan link, sumber atau narasumber yang terpercaya. Terimakasih

    1. 1.1

      Editor Radar Jogja

      Sejarah Radar Jogja menggunakan kata Jogja dan DIJ berawal saat Gubernur Hamengku Buwono X meluncurkan branding Jogja Never Ending Asia di Hotel Hyatt Regency Sleman pada 2003 silam. Branding itu diinisiasi tokoh marketing Hermawan Kertajaya dan dihadiri CEO Jawa Pos Dahlan Iskan. Saat itulah kemudian, penggunaan Jogja dan DIJ dimulai oleh Radar Jogja.

      Kalau kita berbicara soal sejarah, UU No. 3 Tahun 1950 berisi tentang Pembentukan Daerah Istimewa Jogjakarta dan penyebutannya bukan Yogyakarta. Kami masih meneliti sejak kapan perubahan penyebutan Jogjakarta menjadi Yogyakarta. Sampai sekarang belum ditemukan dokumen resmi perubahan penggunaan Jogjakarta menjadi Yogyakarta. Demikian pula dengan UU No. 17 Tahun 1947 tentang Pembentukan Haminte Kota Jogjakarta (sekarang pemerintah kota atau dulu Kodya). Lihat saja lambang Kota Yogyakarta, tertulis Kota Pradja Jogjakarta. Kalau, kita konsisten maka penyebutannya seharusnya tetap Jogjakarta dan bukan Yogyakarta.

      Sudah cukup lama istilah yang digunakan Jawa Pos sesuai ungkapan lisan. Jawa Pos tegas menggunakan satu kata yang sama digunakan jauh sebelum Hermawan Kertajaya dan Sultan membuat branding Jogja. Jawa Pos memiliki sebuah kamus yang namanya Satu Kata dan itu menjadi pegangan di 286 group media Jawa Pos.

      1. 1.1.1

        Bagyokussudharto

        Cocok dan setuju dengan keputusan Jawa Pos grup memakai kata Jogja, bukan Yogya untuk nama koran Radar Jogja dan portal berita online juga Radar Jogja
        Itulah yang diucapkan orang.
        Sejak saya kecil, tidak ada istilah atau ucapan Yogya. Kalau Yoja malah ada, kepanjangan dari Ngayojakarta Hadiningrat.
        Jadi yang benar menurut saya, adalah Jogja dan Yoja.

Comments are closed.